LAPOR! merupakan aplikasi yang diperuntukan sebagai kanal pengaduan masyarakat terhadap pelayanan publik Pemerintah, baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah. Aplikasi LAPOR! Ini dinaungi oleh beberapa lembaga negara, diantaranya : Kantor Staf Presiden, Ombusman, Kementerian PANRB, Kemenkominfo, Kemendagri dan Menkopolhukam. Pemerintah daerah diarahkan untuk menggunakan aplikasi LAPOR! sebagai kanal pengaduan resmi pemerintah dan sudah banyak Pemerintah Daerah yang menggunakan aplikasi LAPOR! yang salah satunya adalah Pemerintah Kota Banjarbaru. Aplikasi LAPOR! di Kota Banjarbaru digunakan sejak tahun 2017 yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjarbaru.

Pada perkembangannya, aplikasi LAPOR! telah diupgrade ke versi 3.0 yang bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan akses baik kepada penyelenggara pelayanan publik maupun masyarakat, dengan tetap mengedepankan asas cepat dan tuntas dan untuk meningkatkan pengelolaan LAPOR! versi 3.0,Kementerian PANRB mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelolaan LAPOR! yang diikuti oleh 130 Pemerintah Kabupaten/Kota diseluruh Indonesia yang telah menerapkan aplikasi LAPOR! yang dilaksanakan pada tanggal 18 Juni 2019 bertempat di Ruang Serbaguna Kementerian PANRB.

Untuk meningkatkan pengelolaan aplikasi LAPOR! di Kota Banjarbaru, Dinas Komunikasi dan Informatika mengirimkan salah satu admin aplikasi LAPOR! untuk mengikuti Bimtek tersebut yang bertujuan agar pengaduan masyarakat melalui aplikasi LAPOR! di Kota Banjarbaru dapat terlaksana dengan baik. Dalam Bimtek ini disampaikan bahwa aplikasi LAPOR! akan didorong menjadi aplikasi pengaduan secara nasional yang artinya seluruh Instansi Pemerintah baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah untuk kanal pengaduan pelayanan publik adalah melalui aplikasi LAPOR!. Fitur dari aplikasi LAPOR! versi 3.0 ini akan terus ditingkatkan diantaranya apiikasi LAPOR! versi android yang dapat diunduh melalui Google Play Store serta memungkinkan dapat diintegrasi dengan aplikasi lain.