Apa dibenak pembaca jika mendengar kata “Lautan”?, pasti tentang hamparan air yang begitu luas, dihiasi ombak-ombak yang seakan-akan menari dipanggung yang luas. Terdapat pantai yang menyajikan hamparan pasir sebagai pembatas antara laut dan darat. Namun dalam topik kali ini bukan “lautan” seperti diatas yang akan dibahas, akan tetapi “Lautan” adalah akronim dari “Landasan Ulin Selatan”, yakni salah satu kelurahan yang ada di kecamatan LIang Anggang Kota Banjarbaru provinsi Kalimantan Selatan.

Kelurahan Landasan Ulin Selatan memiliki jumlah penduduk sebanyak 8.826 jiwa (data kelurahan bulan Oktober 2019) dengan berbagai jenis profesi yang diantaranya pedangan, petani, dan lain sebagainya. Kelurahan Landasan Ulin Selatan dikembangankan untuk kawasan perindustrian dan pergudangan sehingga Landasasn Ulin Selatan lebih terkenal dengan kawasan perindustrian dan pergudangan. Namun ada potensi lain yang publik belum banyak mengetahuinya, salah satunya diberi brand “Tas Sasirangan Bejebe”

Tas Sasirangan Bejebe merupakan produk UMKM dari masyarakat Kelurahan Landasan Ulin Selatan yang bahan bakunya memanfaatkan limbah sampah plastik dan dikreasikan dengan kain motif sasirangan sebagai hiasannya. Selain daripada itu, ada banyak potensi lain yang belum diketahui publik sehingga perlu ada organisasi yang bergerak dibidang penyampaian informasi.

Berdasarkan pemikiran diatas, Lurah Landasan Ulin Selatan, ADI ROYAN, S.STP bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Banjarbaru membentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kelurahan Landasan Ulin Selatan dan pada tanggal 01 November 2019, niatan itu terlaksana yang bersamaan dengan Sosialisasi tentang KIM oleh Diskominfo di Kelurahan Landasan Ulin Selatan dengan nama “Kelompok Informasi Masyarakat Lautan”.

KIM Lautan diharapkan dapat mempromosikan atau memberitahukan potensi-potensi yang ada di Landasan Ulin Selatan kepada publik dengan cara membranding dan mempublikasikannya di berbagai media. Selain itu, KIM juga merupakan kepanjangan tangan dari Diskominfo dalam mengelola informasi baik itu informasi yang bersumber dari pemerintah, dari publik, lebih-lebih dari dalam yakni Kelurahan Landasan Ulin Selatan.