Pada tahun 2017 sampai dengan tahun 2018, Pemerintah Kota Banjarbaru melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Banjarbaru telah membentuk 10 Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang berlokasi dibeberapa Kelurahan. Berdasarkan target Diskominfo sampai dengan tahun 2021, seluruh Kelurahan di Kota Banjarbaru minimal memiliki 1 KIM, hal tersebut bertujuan untuk menghadapi era keterbukaan informasi serta publikasi dan promosi daerah kepada khalayak ramai sehingga Kota Banjarbaru lebih dikenal.

Pada tahun 2019, rencananya akan dibentuk 3 KIM, ini didasari rencana kerja Diskominfo Kota Banjarbaru tahun anggaran 2019 dan sampai dengan bulan Mei 2019 telah terbentuk 2 KIM yakni KIM di Kelurahan Sungai Ulin Kecamatan Banjarbaru Utara dan KIM di Kelurahan Sungai Tiung Kecamatan Cempaka.

Pembentukan KIM di Kelurahan Sungai Ulin
Pembentukan KIM di Kelurahan Sungai Tiung

Pada bulan Juni 2019 diagendakan pembentukan KIM yang ke 3 dan Diskominfo melalu Seksi Komunikasi dan Kelembagaan Informasi Publik telah melakukan pendekatan ke beberapa Kelurahan yaitu Kelurahan Landasan Ulin Tengah, Kelurahan Guntung Manggis dan Kelurahan Bangkal.

Pada awalnya pembentukan KIM akan dilaksanakan di Kelurahan Landasan Ulin Tengah Kecamatan Liang Anggang dan dilakukan lah koordinasi dengan pihak Kelurahan yang dalam hal ini adalah Lurah Landasan Ulin Tengah. Setelah dilakukan penjelasan singkat mengenai KIM dan maksud kedatangan pihak Diskominfo ke Kelurahan Landasan Ulin Tengah, pembentukan KIM di Kelurahan Landasan Ulin Tengah terpaksa diurungkan karena ada beberapa hal yang belum bisa disiapkan pihak Kelurahan dan pada bulan Juni 2019 Kelurahan Landasan Ulin Tengah sedang melaksanakan kegiatan yang berskala nasional.

Dengan ketidakmungkinan dilaksanakannya pembentukan KIM di Kelurahan Landasan Ulin Tengah, maka Herry Isdaryoko, S.AP (Kasi Komunikasi dan Kelembagaan Informasi Publik) melakukan koordinasi ke Kelurahan Guntung Manggis Kecamatan Landasan Ulin dan Kelurahan Bangkal Kecamatan Cempaka pada tanggal 24 Juni 2019 yang terima langsung oleh Lurah. Kedua Kelurahan tersebut menyambut baik rencana pembentukan KIM tersebut, namun yang kelihatan siap melaksanakan pembentukan KIM dalam waktu dekat adalah Kelurahan Guntung Mangis.

Koordinasi dengan Lurah Guntung Manggis
Koordinasi dengan Lurah Bangkal

“berdasarkan hasil koordinasi dengan Lurah Guntung Manggis dan Lurah Bangkal, Kemungkinan besar pembentukan KIM untuk bulan Juni 2019 dilaksanakan di Kelurahan Guntung Manggis, hal tersebut terlihat dari kesanggupan pihak Kelurahan dalam memfasilitasi pembentukan KIM pada Bulan Juni 2019” tutur Herry Isdaryoko, S.AP.

Kita lihat saya perkembangannya, semoga saja pembentukan KIM di Kelurahan Guntung Manggis Kecamatan Landasan Ulin dapat terealisasi pada bulan Juni 2019 ini sehingga pengelola informasi oleh masyarakat di Kota Banjarbaru akan bertambah dan Kota Banjarbaru akan lebih dikenal publik.

write by : Tedy YP