Tim gugus tugas menyampaikan data yang masuk tentang perkembangan sebaran covid 19 di Kota Banjarbaru periode 15 Juli pukul 16.00 wita:

– Kecamatan Liang Anggang ODP 1 orang, PDP 4 orang, Positif 24 orang,

– Kecamatan Landasan Ulin ODP 13 orang, PDP tidak ada, Positif 55 orang,

– Kecamatan Banjarbaru Utara ODP 10 orang, PDP 7 orang, Positif 44 orang ,

– Kecamatan Banjarbaru Selatan ODP 9 orang, PDP 4 orang, Positif 41 orang,

– Kecamatan Cempaka ODP 3 orang, PDP tidak ada, Positif 23 orang,

– Transito (Luar Wilayah) ada 4 orang.

Berdasarkan data yang terkumpul hari ini pada pukul 16.00 Wita, yang terkonfirmasi positif hari ini bertambah 11 orang, sehingga jumlah yang terkonfirmasi positif di Kota Banjarbaru ada sebanyak 350 orang. Dengan keterangan yang masih dirawat adalah sebanyak 191 orang, total orang yang sembuh adalah sebanyak 129 orang, yang meninggal ada 24 orang kemudian yang drop out ada 6 orang.

Terlihat dari data perkembangan yang ada bahwa masih menunjukkan adanya peningkatan kasus penularan. Untuk itu kami Tim Gugus Tugas menyampaikan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap COVID-19 ini. Kita mulai sekarang coba untuk melakukan disiplin menjalankan protokol-protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

Yang pertama pakailah selalu masker, jadi masker ini salah satu hal yang dapat mengurangi penularan COVID-19, bukan hanya terhadap diri kita tapi juga orang lain. Kalau kita menggunakan masker, kita melindungi orang lain, keluarga, dan juga orang-orang yabg kita cintai. Jadi masyarakat diharapkan selalu memakai masker apalagi saat melakukan kegiatan-kegiatan diluar.

Yang kedua selalu menjaga jarak. Menjaga jarak ini juga untuk menghindari terpaparnya kita dari COVID-19.

Yang ketiga selalu mencuci tangan. Apalgi kalau setelah kita melakukan aktivitas-aktivitas tertentu, tangan kita ini banyak menyentuh barang-barang atau benda yang mungkin saja ada terpapar virus COVID-19 ini. Cucilah tangan dengan air mengalir dan juga sabun, kalau tidak ada air kita bisa menggunakan hand sanitizer.

Tiga hal diatas hendaknya selalu dilakukan oleh setiap orang, mulai sekarang kita harus membiasakan diri sehingga penularan COVID-19 ini diharapkan dapat berkurang.

Kemudian hal penting lainnya adalah jagalah kesehatan diri kita sebaik-baiknya. Kita harus selalu dapat mengonsumsi atau makan makanan yang bergizi seimbang. Makanan bergizi itu tidak harus mahal, banyak sekali makanan yang alami yang lebih murah seperti sayur-sayuran, buah-buahan, tempe, tahu, dan sebagainya. Makanan tadi adalah salah satu makanan yang dapat menjaga tubuh kita agar mendapat asupan yang baik dan dapat menjaga kekebalan tubuh. Dan jangan lupa juga untuk banyak beristirahat, menghindari stres, dan yang paling penting adalah berdoa agar semua dilindungi dari COVID-19 dan pandemi ini cepat berakhir.

Kemudian kami tim Gugus Tugas juga menyampaikan pada masyarakat bahwa di lingkungan kita sudah ada warga yang sudah dinyatakan sembuh. Jadi, tolong terima mereka dengan apa adanya sehingga mereka merasa aman. Mereka harus dihindari dari stigma-stigma negatif sehingga mereka dapat berbaur lagi dengan masyarakat di kehidupannya. Terimalah mereka apa adnya seperti sedia kala, mereka sudah menjalani karantina dan dinyatakan sembuh dari hasil pemeriksaan beberapa kali test SWAB yang dilakukan di tempat-tempat yang sudah ditentukan oleh pemerintah.