Pembukaan – Plh. Kepala Bidang Komunikasi Publik membuka acara Pelatihan Keterbukaan Informasi Publik Foto : Ani

Salah satu tugas Dinas Informatika dan Komunikasi Kota Banjarbaru adalah memberikan pelayanan informasi kepada publik. Dalam memberikan pelayanan informasi Dinas Komunikasi dan Informatika mengacu pada Undang – Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan informasi publik. Untuk melaksanakan tugasnya, Dinas Kominfo di bantu oleh aplikasi berbasis web dengan alamat ppid.banjarbarukota.go.id yang mana setiap informasi yang dibutuhkan oleh publik bisa dicari dan di dowload melalui link tersebut.

Selain itu juga, setiap unit kerja di Pemerintah Kota Banjarbaru harus taat terhadap Undang – Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan untuk menyampaikan informasi tidak harus melalui Dinas Komunikasi dan Informatika saja tetapi unit kerja / SKPD yang bersangkutan dapat menyampaikan informasi tersebut secara mandiri dengan berbagai cara yang salah satunya adalah melalui website unit kerja/SKPD.

Berdasarkan hal tersebut diatas, maka Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjarbaru mengadakan pelatihan Keterbukaan Informasi Publik bagi ASN pengelolaa informasi di Sekolah Dasar Negeri dan Sekolah Menengah Pertama Negeri se-Kota Banjabaru yang di bagi dalam beberapa tahap pelaksanaan karena mengingat harus mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid-19.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 4 hari, dimulai dari tanggal 28 Juni 2021 sampai dengan tanggal 1 Juli 2021 yang bertempat di Ruang Pelatihan Diskominfo Kota Banjarbaru. Jumlah peserta tiap harinya berjumlah 15 – 25 orang.

Dalam sambutannya, Plh Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Publik mengatakan mengharapkan pelatihan ini dapat meningkatkan layanan informasi kepada publik dari instansi – instansi pemerintah dan badan – badan publik di Kota Banjarbaru sehingga masyarakat dapat menerima informasi yang jelas dan benar.

Materi yang disajikan dalam acara ini ialah Regulasi Pelayanan Publik dari Keterbukaan Informasi melalui website yang dipaparkan oleh Ani Yuliatun, SH, MA

“Badan publik harus membangun dan mengembangkan sistem informasi dan dokumentasi sehingga dapat diakses dengan mudah”paparnya.

Materi yang kedua yakni pembuatan website memalui blogspot yang disajikan oleh M. Fajar Riswana, S.Kom. Walaupun hanya membuat website sederhana akan tetapi peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, hal ini dilihat dari banyaknya pertanyaan peserta mengenai langkah dan fungsi dalam pembuatan website ini.

Kegiatan ini diakhiri dengan menampilkan website/blog masing – masing sekolah yang dibuat dalam pelatihan ini.