Pemko Banjarbaru Reviu Pelayanan Disdik dan Disdukcapil

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Gugus Sugiarto saat membubuhkan tandatangan pada Berita Acara Forum Konsultasi Publik Reviu Pelayanan Disdik dan Disdukcapil – FOto : Ezoh

 


MEDIA CENTER BANJARBARU – sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan publik di Kota Banjarbaru, Pemerintah Kota Banjarbaru melalui Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Banjarbaru menggelar Forum Konsultasi Publik tentang reviu standar pelayanan pada Dinas Pendidikan dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kota Banjarbaru yang dilaksanakan pada Kamis (25/09/2025) dan bertempat di Aula Widyatama Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru.

Acara yang bertemakan mewujudkan pelayanan publik ramah kelompok rentan menuju generasi indonesia emas ini dibuka oleh Asisten Bidang Pemerintaha dan Kesejahteraan Rakyat atau Asisten I Sekretariat Daerah Kota Banjarbaru, Abdul Basid dan dihadiri oleh Perwakilan Ombudsman RI, Kepala Program Studi Pendidikan Khusus Universitas Lambung Mangkurat, penyelenggara layanan yang dalam hal ini dari Dinas Pendidikan serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, perwakilan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kota Banjarbaru, perwakilan Forum RT/RW se-Kota Banjarbaru, perwakilan organisasi masyarakat, dan perwakilan media massa.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memperoleh pemahaman dan kesepakatan antara penyelenggara pelayanan dengan pengguna layanan terkait kebijakan yang ditetapkan oleh penyelenggara pelayanan agar tercipta kebijakan yang efektif dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik.

Asisten I Setda Kota Banjarbaru, Abdul Basid saat menyampaikan sambutan pada kegiatan Forum Konsultasi Publik di Aula Widyatama Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru – Foto : Ezoh

Dalam sambutannya, asisten I Sekretariat Daerah Kota Banjarbaru, Abdul Basid menyampaikan bahwa pelayanan publik adalah wajah dari birokrasi sehingga kualitas pelayanan menjadi cerminan integritas dan profesionalisme Aparatur Sipil Negara.

“Saya mengajak semua pihak untuk menjadikan pelayanan publik bukan hanya sebagai label, tapi merupakan budaya yang harus kita internalisasi sehingga setiap individu  dan setiap unit kerja di lingkungan pemerintah kota Banjarbaru harus memiliki integritas, kredibilitas dan komitmen melayani dengan sepenuh hati” ujarnya

Basid berharap melalui Forum Konsultasi Publik ini seluruh unit kerja di lingkungan Pemerintah Kota Banjarbaru khususnya Dinas Pendidikan dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dapat memahami prinsip-prinsip dan berorientasi kepada pelayanan publik, memiliki komitmen serta konsistensi dalam menerapkan etika pelayanan yang baik.

Salah seorang peserta Forum Konsultasi Publik sedang membaca leaflet informasi pelayanan yang ada di Disdukcapil – Foto : Ezoh

“untuk Disdik yang direviu adalah terkait pelayan terhadap disabilitas sedangkan untuk Disdukcapil adalah reviu keseluruhan pelayanan” ungkap Basid

Dengan dilaksanakan Forum Konsultasi Publik ini di harapkan dapat diperoleh masukkan dalam penyusunan dan perbaikan kebijakan, sebagai fungsi monitoring dan evaluasi, menyelaraskan harapan publik dengan kemampuan penyelenggara layanan, dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam layanan publik . (typ/Ezoh/MedCenBJB)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Petani Panen Padi 5,7 Ton di Sungai Ulin, Bukti Ketangguhan dan Wujud Banjarbaru EMAS

Rakor SKPD dan Gebrakan Literasi, Wali Kota Banjarbaru Serahkan Bantuan Buku untuk 5 Perpustakaan Sekaligus

Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Ikuti Rakernas X PKK dan Puncak HKG ke-53 di Samarinda