Rabu, 27 Maret 2024

Rencana Pembangunan Kota Banjarbaru Tahun 2025

 

Media Center Banjarbaru – Dalam upaya merumuskan agenda pembangunan Kota Banjarbaru untuk tahun 2025, Pemerintah Kota Banjarbaru menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) . Bertempat Di Ballroom Rodhita Kota Banjarbaru, pada Kamis (28/03/2024).

Suasana peserta yang hadir di acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD). Foto By ade.

Dalam forum musyawarah tersebut, pemerintah Kota Banjarbaru bersama seluruh stakeholder akan menyusun rancangan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD). Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru serta seluruh Forkopimda Kota Banjarbaru.

Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, Said Abdullah, dalam sambutannya ia menegaskan, agar harus mempersiapkan infrastruktur regional untuk mendukung kegiatan di Kota Banjarbaru, baik fisik maupun non-fisik. Penting juga untuk mempertahankan serta meningkatkan IPM Kota Banjarbaru yang tertinggi di Kalimantan Selatan, yaitu 81,25, melalui kegiatan non-fisik.

Sambutan Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, Said Abdullah. foto by ade

“Kita harus menyiapkan infrastruktur regional untuk mendukung kegiatan-kegiatan regional yang ada di Kota Banjarbaru. Ini meliputi aspek fisik dan non-fisik. Penting juga untuk mempertahankan serta meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Banjarbaru yang tertinggi di Kalimantan Selatan, yang saat ini mencapai 81,25. Hal ini harus dijaga melalui kegiatan non-fisik agar tetap dapat dipertahankan.” tegasnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Riset dan Inovasi Daerah Kota Banjarbaru (BAPPERIDA), Kanafi, juga menyampaikan,Dengan perpindahan ibu kota provinsi Kalimantan Selatan ke Banjarbaru, perencanaan kota harus disesuaikan untuk orientasi yang lebih regional. Tujuan akhirnya adalah mendukung Indonesia Emas Tahun 2045.

Sambutan dari Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Riset dan Inovasi Daerah Kota Banjarbaru (BAPPERIDA), Kanafi. foto by ade

“Dengan ditetapkannya ibu kota provinsi Kalimantan Selatan berpindah ke Banjarbaru, kita perlu sedikit mengorientasikan perubahan dalam perencanaan kota ini. Sekarang, kota ini tidak hanya diperuntukkan untuk masyarakat Banjarbaru, tetapi sudah sedikit lebih regional. Kita dituntut untuk merencanakan kota ini dengan sebaik-baiknya menuju Indonesia Emas Tahun 2045” ucapnya

Dengan berakhirnya acara Musrenbang ini, diharapkan bahwa RKPD Kota Banjarbaru tahun 2025 dapat menjadi panduan yang komprehensif dan berorientasi pada kebutuhan masyarakat. Dengan demikian, Kota Banjarbaru dapat terus berkembang menjadi maju, agamis, dan sejahtera (Juara) bagi seluruh warganya. (Ade/MedCenBJB)

0 comments:

Posting Komentar