Wamen PANRB berikan Penghargaan kepada Pemko Banjarbaru

 

Wamen PANRB Purwadi Arianto, menyerahkan penghargaan kepada Pj. Wali Kota Banjarbaru H. Subhan Nor Yaumil – Foto: Oriz

MEDIA CENTER BANJARBARU – Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Purwadi Arianto, menyerahkan penghargaan kepada Pj. Wali Kota Banjarbaru H. Subhan Nor Yaumil, saat Rapat Koordinasi Pelayanan Publik se-Kalimantan Selatan Tahun 2025, di Gedung Mahligai Pancasila, Jalan R. Soeprapto No. 34, Banjarmasin, Kamis (17/04/2025).

Pemko Banjarbaru meraih dua penghargaan sekaligus, yakni Predikat Sangat Baik dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik, serta sebagai Pemerintah Daerah Penyelenggara Mal Pelayanan Publik (MPP) dengan Kategori Prima.

Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Wamen PANRB) Purwadi Arianto mengatakan, Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN), pelayanan publik berkualitas dan inklusif adalah bagian integral dari arah pembangunan jangka panjang bangsa.

“Karena itu, setiap pembenahan layanan publik yang kita lakukan hari ini, baik dalam bentuk digitalisasi, inovasi, maupun integrasi layanan merupakan kontribusi langsung terhadap masa depan bangsa,” katanya.

Wamen PANRB serahkan penghargaan Pemerintah Daerah Penyelenggara Mal Pelayanan Publik (MPP) dengan Kategori Prima – Foto: Oriz

Menurut Purwadi, pelayanan publik yang baik bukan hanya cepat dan efisien, tetapi juga berkeadilan dan menjangkau semua, terutama untuk kelompok rentan. Hal ini telah diatur secara eksplisit dalam PermenPANRB No. 11/2024, yang menjadi pedoman dalam membangun layanan inklusif.

“Lima aspek utama yang menjadi prinsip pelayanan publik ramah kelompok rentan meliputi Komitmen kebijakan dan pimpinan, aksesibilitas fisik termasuk sarana dan prasarana yang ramah difabel, aksesibilitas komunikasi dan informasi dalam berbagai media dan format. Aspek berikutnya yaitu akomodasi yang layak untuk kelompok berkebutuhan khusus, serta kapasitas dan sensitivitas SDM pelayanan,” tambahnya.

Wamen PANRB dalam kesempatan tersebut juga mengapresiasi capaian Indeks Pelayanan Publik (IPP) Provinsi Kalimantan Selatan. Hasil Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) menunjukkan bahwa Provinsi Kalimantan Selatan terus mencatat peningkatan IPP setiap tahunnya.

“Capaian ini menjadi gambaran bahwa pelayanan publik kita terus membaik, meski tetap perlu ditingkatkan. Hal ini tentu patut kita apresiasi sebagai buah dari komitmen, perbaikan sistem dan semangat melayani yang tinggi,” tutupnya. (Orz/MedCenBJB)

0 Komentar