Langsung ke konten utama

Jangan Salah Lapor! Ketahui Cara Tepat Gunakan Call Center 112 dan SP4N LAPOR!

 


MEDIA CENTER BANJARBARU – Pemerintah Kota Banjarbaru terus berupaya meningkatkan pelayanan bagi masyarakat, terutama dalam hal pengaduan dan penanganan keadaan darurat. Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan memberikan pemahaman yang lebih luas kepada pengelola pengaduan agar dapat menangani laporan masyarakat secara efektif.

Untuk itu, Diskominfo Banjarbaru mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi pengelola pengaduan melalui Aplikasi LAPOR! serta sosialisasi Call Center 112 oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarbaru. Kegiatan ini berlangsung di Studio Mini Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Darpusda) Kota Banjarbaru pada Kamis (27/02/2025).

Kepala Diskominfo Kota Banjarbaru, Asep Saputra, saat menyampaikan sambutan. Foto: Aldi

Kepala Diskominfo Kota Banjarbaru, Asep Saputra, berharap pertemuan ini dapat mendorong lebih banyak masyarakat dalam menyampaikan pengaduan. Ia menjelaskan bahwa meningkatnya jumlah laporan menandakan kepercayaan warga terhadap sistem pengaduan yang ada.

“Kalau laporan terus meningkat, artinya masyarakat percaya bahwa pengaduan mereka akan ditindaklanjuti dan bisa membawa perubahan dalam pelayanan publik,” ujarnya.

Ia juga menegaskan bahwa meskipun sama-sama layanan pengaduan, SP4N LAPOR! dan Call Center 112 memiliki perbedaan fungsi.

“Call Center 112 dipakai untuk keadaan darurat seperti kebakaran, kecelakaan, atau tindak kriminal yang butuh respon cepat. Sedangkan SP4N LAPOR! lebih ke pengaduan tentang pelayanan publik yang butuh tindak lanjut administratif,” jelasnya.

Asep Saputra juga berharap para peserta tidak hanya memahami sistem pengaduan, tetapi juga turut menyebarkan informasi ini kepada masyarakat luas. Ia menekankan pentingnya pemahaman yang tepat agar warga tahu ke mana harus melapor sesuai dengan situasi yang mereka hadapi.

“Kami ingin masyarakat tahu ke mana harus melapor sesuai dengan kondisi yang mereka hadapi. Jangan sampai ada kejadian darurat tapi malah lapor ke kanal yang salah,” tambahnya.

Para peserta tengah mencoba fitur pelaporan melalui Aplikasi E-Lapor. Foto: Aldi

Sebagai informasi, Call Center 112 Banjarbaru sudah resmi diluncurkan pada 20 Agustus 2024 untuk mempercepat penanganan keadaan darurat. Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan lebih banyak warga yang paham dan bisa memanfaatkan layanan ini dengan tepat. (Ald/MedCenBJB)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Petani Panen Padi 5,7 Ton di Sungai Ulin, Bukti Ketangguhan dan Wujud Banjarbaru EMAS

  Momen Panen Padi Kelompok Tani Bumi Makmur – Foto: Oriz MEDIA CENTER BANJARBARU –  Syukuran panen padi digelar oleh Kelompok Tani Bumi Makmur Kelurahan Sungai Ulin, Kamis (31/07/2025), sebagai wujud rasa syukur atas hasil panen padi varietas Siam Madu yang berhasil mencapai produktivitas 5,7 ton per hektar di lahan seluas 0,25 hektar. Kegiatan syukuran yang berlangsung di lahan sawah kelompok tani ini turut dihadiri oleh Anggota DPRD Kota Banjarbaru Nurkhalis Anshari, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarbaru Abu Yazid Bustami, Kepala UPT BPP Banjarbaru Ichnaton Achmad Karyadi, para penyuluh pertanian, serta para petani dari Kelompok Tani Bumi Makmur. Anggota DPRD Kota Banjarbaru Nurkhalis Anshari saat menyampaikan sambutan – Foto: Oriz Anggota DPRD Kota Banjarbaru Nurkhalis Anshari dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas semangat para petani yang tetap produktif meskipun dihadapkan pada berbagai keterbatasan. “ Di tengah keterbatasa...

Rakor SKPD dan Gebrakan Literasi, Wali Kota Banjarbaru Serahkan Bantuan Buku untuk 5 Perpustakaan Sekaligus

  MEDIA CENTER BANJARBARU  – Pemerintah Kota Banjarbaru kembali menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk bulan Agustus 2025, bertempat di Aula Gawi Sabarataan Banjarbaru, Senin (04/08/2025). Rakor ini merupakan agenda rutin bulanan yang bertujuan untuk memperkuat sinergi antar SKPD, serta memastikan pelaksanaan program dan kegiatan Pembangunan berjalan sesuai dengan visi misi Kota Banjarbaru yakni, Banjarbaru Emas, Elok, Maju, Adil dan Sejahtera. Wali Kota Banjarbaru, Hj. Erna Lisa Halaby saat memberikan arahan. Foto – Alma Dalam arahannya Wali Kota Banjarbaru, Hj. Erna Lisa Halaby, dirinya meminta seluruh SKPD agar dapat melaksanakan instruksi atau peraturan Pemerintah Pusat dalam rangka efesiensi anggaran. “Tetap perhatikan dan dilaksanakan sehingga belanja anggaran benar-benar tetap memperhatikan kepada kebutuhan masyarakat. Dan ulun juga meminta seluruh SKPD bisa melaksanakan inovasi dan trobosan program dan kegiatan,” ujarnya....

Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Ikuti Rakernas X PKK dan Puncak HKG ke-53 di Samarinda

  MEDIA CENTER BANJARBARU  – Ketua Tim Penggerak PKK Kota Banjarbaru, H. Riandy Hidayat, yang merupakan satu -satunya Ketua TP PKK dijabat laki – laki se – Kalimantan Selatan, mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) X PKK dan Puncak Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-53, yang digelar di Samarinda Convention Hall, Kalimantan Timur, Selasa (8/7/2025). Kegiatan bertema tema “Bergerak Bersama PKK Mewujudkan Asta Cita Menuju Indonesia Emas” ini dihadiri langsung oleh Ketua Umum TP PKK Pusat Ny. Tri Tito Karnavian, para Ketua TP PKK Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia, serta para kader PKK dari berbagai daerah. Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat Tri Tito Karnavian menegaskan Rapat Kerja Nasional akan menghasilkan tiga dokumen strategis nasional. Tiga dokumen tersebut, kata dia, meliputi Rencana Induk Gerakan PKK 2025–2029, Strategi Gerakan PKK, dan Petunjuk Teknis Tata Kelola Kelembagaan PKK. “Rakernas ini menjadi arah baru untuk program-program PKK ke depan agar lebih sistematis, ...