Rabu, 10 Juli 2024

Home » Mendukung Urban Farming: Pemanfaatan Pekarangan sebagai Upaya Meningkatkan Makan Sehat B2SA di Kelurahan Cempaka Mendukung Urban Farming: Pemanfaatan Pekarangan sebagai Upaya Meningkatkan Makan Sehat B2SA di Kelurahan Cempaka

 


MEDIA CENTER BANJARBARU – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarbaru menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk mendukung Urban Farming yakni pemanfaatan perkarangan sebagai salah satu upaya meningkatkan konsumsi makanan sehat dengan konsep Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) bagi keluarga, bertempat di Aula Kelurahan Cempaka, Rabu (10/07/2024).

Bimtek kali ini menghadirkan peserta dari Kelompok Wanita Tani, Karang Taruna, UMKM, anggota PKK dan masyarakat sekitar Kelurahan Cempaka, dengan tujuan untuk penguatan mengenai budidaya Urban Farming yakni memotivasi kembali agar memanfaatkan pekarangan dihalaman rumah merea untuk bercocok tanam, sehingga dapat menghasilkan bahan pangan segar dan sehat bagi keluarga.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan DKP3 Kota Banjarbaru, Wiwien Robiaty saat berdiskusi dengan KWT Kel. Cempaka. Foto : Oriz

Kepala Bidang Ketahanan Pangan DKP3 Kota Banjarbaru, Wiwien Robiaty menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan ini juga dalam mendukung program peningkatan kuallitas keluarga, yang dimana kegiatan tersebut dari DP3AP2KB Kota Banjarbaru.

“Jadi kita bersama-sama antara DKP3 dan DP3AP2KB Kota Banjarbaru untuk mewujudkan pemanfaatan perkarangan rumah, sekaligus meningkatkan makanan sehat B2SA bagi Keluarga,” ucapnya.

Urban Farming merupakan Solusi praktis untuk meningkatkan pangan diperkotaan, tidak hanya bermanfaat segi ekonomi juga berdampak positif terhadap Kesehatan keluarga dengan mengonsumsi sayur dan buah yang bebas dari bahan kimia berbahaya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen DKP3 Kota Banjarbaru untuk menciptakan lingkungan yang sehat, mendiri dan berkelanjutan. Dengan mendorong masyarakat untuk terlibat dalam Urban Farming. Diharapakan akan tercipta ketahanan pangan lokal yang kuat serta peningkatan kualitas hidup masyarakat Kota Banjarbaru. (Yds/Orz/Adi/MedCenBJB)

0 comments:

Posting Komentar